Ini Dia Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kompresor AC Mobil Bekas

Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia ini, AC memang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib untuk dimiliki. Apalagi ketika musim kemarau datang, maka di siang hari cuaca akan berubah menjadi terik dan sangat panas. Itulah mengapa pemasangannya bahkan tak hanya dilakukan di rumah saja, melainkan lebih dari itu juga dalam kendaraan, sehingga ketika tengah bermacet-macet ria di jalanan maka tubuh tak akan kepanasan. Seberapa bagian penting dari sarana elektronik yang satu ini diantaranya adalah kompresor AC.
AC sendiri memang tersusun atas beberapa komponen dengan fungsinya masing-masing, salah satunya adalah ruangan yang dipakai untuk mendinginkan, diantaranya adalah kompresor ini, termasuk salah satunya adalah bagian yang memang sangat mudah bermasalah, ketika kompresor mengalami kerusakan maka mau tak mau harus diganti dengan yang baru, tentunya ketika Anda menginginkan AC tetap bisa dipakai. Hanya saja untuk tawaran harga pada produk baru yang satu ini juga tak bisa dipungkiri, karena cukup lumayan.

Untuk itu alternatif bagi beberapa konsumen, maka mereka lebih memilih untuk membeli produk kompresor AC ini yang sudah bekas atau second. Jangan salah karena tak semua produk bekas mudah mengalami kerusakan.

Adapun beberapa tips bagi Anda yang memang ingin dapatkan kompresor bekas, namun kualitasnya bagus diantaranya adalah:

  1. Perhatikan kondisi tampilan atau body dari kompresor ini, bagaimanapun tampilan luar tetap harus dinilai meskipun sudah dalam kondisi yang bekas, jangan asal dalam membeli. Meskipun sudah second namun usahakan memilih yang bodynya mulus, menandakan bahwa produk tersebut sebenarnya dipakai secara baik atau tepat, sehingga performanya juga masih mumpuni.
  2. Melakukan pengetesan, untuk mengetahui bagaimana performa dari kompresor tersebut, maka tak jauh-jauh harus dilakukan proses pengetesan, diantaranya adalah dengan melihat press minimum dari kompresor tersebut, nilai yang paling kecil adalah 250psi dan yang paling tinggi adalah 500psi. Jika nilainya sudah menunjukkan angka tersebut maka sebenarnya kompresor telah berada dalam keadaan yang prima.
  3. Jangan membeli yang kontak body, hal ini tak kalah penting untuk dipastikan ketika Anda menginginkan produk yang berkualitas baik, mengingat tak jarang diantaranya yang kontak body sehingga kurang nyaman ketika dipakai. Cara memastikannya cukup mudah, diantaranya adalah dengan tes menggunakan multitester. Ketika jarumnya bergerak artinya produk tersebut tidak kontak body dan sebaliknya saat jarum tak bergerak maka kompresor mengalami kontak body.
  4. Pastikan juga bagian kaki bekas produk kompresor yang dibeli tersebut sama dengan produk yang rusak dan sudah dipakai. Hal ini memungkinkan konsumen jadi jauh lebih nyaman dalam pemakaiannya, karena tak harus mengganti dudukan dari kompresor tersebut.
  5. Garansi dari pembelian, meskipun dikatakan sebagai produk bekas, namun garansi juga sangat penting, bukan berasal dari perusahaan penyedianya, melainkan lebih kepada toko yang menjualnya tersebut, sehingga jika terjadi kerusakan nantinya, maka tak harus keluar uang untuk membeli lagi, cukup dengan menukarkannya menggunakan garansi yang sudah ada tersebut.
Pilah-pilih produk kompresor AC bekas memang tak semudah yang dibayangkan, ada baiknya juga mempertimbangkan pembelian yang baru saja, meskipun harga sedikit lebih mahal, namun jaminan kualitas produknya bagus. Khusus untuk kompresor yang masih bisa disservice, maka tak ada salahnya juga untuk melakukan service sebelum memutuskan menggantinya dengan yang baru, siapa tau masih bisa digunakan.
Previous
Next Post »