Permudah Transaksi Di Jalan Tol dengan E-toll

Bepergian saat ini lebih cepat jika Anda melewati ruas jalan tol. Tetapi, apakah Anda sudah tahu mengenai transaksi di jalan toll yang kini telah diubah dari yang konvensional menjadi memakai kartu e-toll? Jika belum, Anda perlu untuk menyimak informasi di bawah ini.

Manfaat e-toll

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari e-toll ini. Anda tidak perlu kerepotan ketika akan membayar jalan tol yang dilalui. E-toll sudah dipasarkan untuk umum sejak Januari 2009. Ketika awal membeli kartu ini maka saldo didalamnya masih kosong, jadi Anda harus mengisi dahulu (TopUp) minimal seratus ribu rupiah.

Dengan menggunakan kartu e-toll untuk bertransaksi di jalan tol, Anda bisa mempercepat perjalanan. Karena tidak perlu repot menyiapkan uang tunai untuk membayar. Transaksi seperti ini pun juga menghindarkan Anda dari kekeliruan menerima uang kembalian dari petugas. Saat berkendara, biasanya Anda akan lebih fokus dengan perjalanan dan tidak menghitung kembali uang yang diberikan petugas. Bisa jadi petugas keliru dalam memberi uang kembalian, ini adalah hal yang merugikan.

Manfaat lain menggunakan kartu e-toll adalah Anda bisa menghindari uang palsu dalam bertransaksi. Karena pembayaran menggunakan kartu, maka Anda tidak mungkin menerima uang palsu ataupun petugas juga tidak mungkin akan menerima uang palsu. Kartu e-toll selain digunakan untuk membayar tol, juga bisa digunakan untuk transaksi lainnya di tempat – tempat khusus. Karena kartu ini dipakai sebagai pengganti uang tunai.

Penggunaan kartu e-toll

Untuk Anda yang belum pernah menggunakan kartu ini, penggunaannya cukup mudah. Hanya perlu mencari gerbang tol otomatis (GTO), lalu tempelkan kartu e-toll Anda pada mesin e-toll, maka dengan otomatis gerbang akan terbuka dan saldo pada kartu Anda berkurang. Cukup mudah bukan?

Kartu e-toll tidak ada masa kadaluarsanya, selama Anda selalu mempergunakannya dan juga tidak ada minimum transaksi untuk belanja menggunakan e-toll card. Tetapi, jika tidak ada transaksi dalam jangka waktu 12 bulan (1 tahun), maka pemilik kartu dikenakan biaya sepuluh ribu rupiah (bisa berubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku) untuk pengaktifan kembali.  

Kartu e-toll juga bisa digunakan di SPBU tertentu dan seluruh outlet Indomaret yang telah bekerja sama dengan penyedia kartu ini. Isi ulang e-toll tidak dikenakan biaya tetapi hal ini juga bisa berubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengisian kartu e-toll bisa diisi dengan pilihan nominal 50 ribu, 100 ribu, 200 ribu, 300 ribu, 500 ribu, atau nominal lain sesuai keinginan. 

Itu dia informasi mengenai penggunaan kartu e-toll. Ini akan menjadi inovasi yang baik untuk Anda. Penghematan waktu di jalan, akan membuat kegiatan Anda setiap harinya semakin lancar. Segera gunakan kartu e-toll untuk kenyamanan perjalanan.
Previous
Next Post »